pengertian virus komputer dan jenis jenisnya ~ Bmc.com

Thursday 14 January 2016

pengertian virus komputer dan jenis jenisnya

 Virus Komputer

pengertian virus komputer

Pengertian Virus komputer
Virus komputer adalah suatu program atau sebuah perangkat lunak  yang dibuat dengan maksud untuk merusak serta  mengganggu kinerja program komputer. Virus komputer ini dapat merusak isi file, dan juga dapat merusak sistem operasi dan jaringan komputer dengan cara merusak berbagai data yang ada di dalamnya. Untuk dpat meliht apkah computer kita terkena virus mka kita hrus memasang software anti-virusnya sedangkan cirri cirri computer terkena virus di antaranya komputer jadi lambat alias lemot atu ad aplikasi yang terpasang di computer kita tidaak bekerja dengan normal seperti aplikasi MS Word, excel coreldraw dls. 

Virus komputer itu banyak sekali jenisnya seperti yang di jelaskan di bawah ini

Jenis jenis Virus Komputer

  1. Worm - adalah sebuah virus komputer yang dapat menggandakan dirinya sendiri . Hal yang paling berbahaya dari worm adalah dia dapat melipatgandakan dirinya sendiri dengan sangat cepat sehingga jika komputer terkena virus worm dengan waktu yang cukup lama maka worm akan memenuhi kapasitas dari harddisk dan membuat memori menjadi penuh..
  2. Trojan - virus komputer cara kerjanya dengan cra Mengambil data pada komputer yang telah terinfeksi dan mengirimkannya pada pembuat trojan itu sendiri. Trojan biasanya menyebar melalui internet dan lokasi dari penyebaran trojan adalah email ataupun data pribadi yang tidak diberi password.
  3. Memory Resident Virus - Memory Resident Virus yaitu sebuah virus yang dapat menginfeksi RAM komputer. Efek yang ditimbulkan dari virus jenis ini adalah komputer menjadi lemot.
  4. Polymorphic virus - Virus yang ini dapat  beubah-ubah agar tidak dapat terdeteksi oleh pemilik komputer
  5. Multipartite Virus -Multipartite Virus adalah sebuah virus komputer yang terdiri dari file-file yang menginfeksi sistem operasi tertentu. Virus jenis ini biasanya bersembunyi pada RAM dan akan menginfeksi dari harddisk..
  6. Companion virus - Companion virus adalah sebuah virus komputer yang dibuat untuk mengganggu data pribadi. Lokasinya berada di dalam hardisk. Tetapi mempunyai ciri ekstensi yang berbeda.
  7. Spyware - Virus yang memantau komputer yang terinfeksi.
  8. Overwrite viruses -adalah sebuah virus yang mempunyai kemampuan untuk menghapus file atau data yang terinfeksi tanpa mengubah ukuran file tersebut. Sehingga kita tidak akan merasa curiga tentang keberadaannya
  9. Backdoor - Hampir sama dengan trojan. Namun, Backdoor bisanya menyerupai file yang baik-baik saja. Misalnya game.
Lalu bagai mana cara mencegahnya salah satu nya  tentu dengan menggunakan anti virus baik yang berbayar maupun yang free atau gratisan yang bisa sobat downloads di google baik yang buatn lokal maupun yang dari luar negri demikian artikel saya tentang pengertian virus komputer dan jenis jenisnya semoga bermanfaat

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More